Program Kerja Tahun 2017

PROGRAM DAN KEGIATAN BPKAD TAHUN 2017

Sesuai dengan sasaran yang hendak dicapai oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, maka pada Tahun Anggaran 2017 program dan kegiatan yang direncanakan adalah sebagai berikut:

  1. PROGRAM DAN KEGIATAN UTAMA

      I. Program Peningkatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah

  1. Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD;
  2. Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Tentang Penjabaran APBD;
  3. Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD;
  4. Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Tentang Penjabaran Perubahan APBD;
  5. Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD;
  6. Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD;
  7. Sosialisasi Paket Regulasi tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;
  8. Penyusunan dan Pengadministrasian SPD;
  9. Penyusunan Realisasi Anggaran Bulanan;
  10. Verifikasi dan Penelitian RKA/DPA;
  11. Penyusunan Pelaporan Keuangan Semesteran Pemerintah Daerah;
  12. Penerbitan dan Pengadministrasian SP2D dan Laporan Kas;
  13. Pengadministrasian dan Pengelolaan Belanja Pegawai;
  14. Penatausahaan Belanja Tidak Langsung Non Pegawai dan Pembiayaan;
  15. Pemeliharaan Sistem Informasi Keuangan Daerah;
  16. Updating Data Pegawai;
  17. Penyusunan Rancangan Peraturan dan Keputusan tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;
  18. Penatausahaan dan Penyusunan Akuntansi Keuangan Daerah;
  19. Pendampingan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD);
  20. Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD;
  21. Pengadministrasian Tuntutan Perbendaharaan/Tuntutan Ganti Rugi (TP/TGR);
  22. Revisi Kebijakan Akuntansi serta Sistem Akuntansi dan Bagan Akun Standar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor;
  23. Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak)/ Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan APBD;
  24. Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak)/ Petunjuk Teknis (Juknis) Penatausahaan Keuangan Daerah;
  25. Pengembangan Sistem Informasi Keuangan Daerah;
  26. Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah;
  27. Bimbingan Teknis Pengelolaan Aplikasi SIPKD;
  28. Pengelolaan Anggaran Pendapatan PPKD;
  29. Penyusunan Perencanaan Pembiayaan;
  30. Penyusunan Anggaran PPKD.

    II. Program Pengelolaan Barang Daerah

  1. Penyusunan Laporan Hasil Pengadaan Barang/Jasa dan Pemeliharaan;
  2. Penyusunan Buku Standar Harga Tertinggi Barang/Jasa;
  3. Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah dan Kebutuhan Pemeliharaan Barang Milik Daerah;
  4. Penyusunan Daftar Kebutuhan Barang Milik Daerah dan Kebutuhan Pemeliharaan Barang Milik Daerah;
  5. Monitoring Pelaksanaan Pengelolaan Barang Milik Daerah;
  6. Pemutahiran Pencatatan dan Pelaporan Barang Milik Daerah;
  7. Penerbitan Alas Hak Tanah;
  8. Penghapusan Barang Bekas Inventaris Milik Pemerintah Kabupaten Bogor;
  9. Pendayagunaan Barang Pemerintah Kabupaten Bogor;
  10. Pengamanan Tanah dan Bangunan Pemerintah Kabupaten Bogor;
  11. Pengembalian Batas Tanah Milik Pemerintah Kabupaten Bogor;
  12. Pembinaan Pengelolaan Barang Milik Daerah;
  13. Pengembangan Profil Aset Milik Pemerintah Kabupaten Bogor;
  14. Penyusunan Rancangan Peraturan dan Keputusan di Bidang Pengelolaan Barang Daerah;
  15. Sosialisasi Peraturan Pengelolaan Barang Milik Daerah;
  16. Legalisasi Ijin Bangunan/Gedung Milik Daerah.

 

     2. PROGRAM DAN KEGIATAN PENUNJANG

     I. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik;
  2. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional;
  3. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor;
  4. Penyediaan Alat Tulis Kantor;
  5. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan;
  6. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor;
  7. Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan;
  8. Penyediaan Bahan Logistik Kantor;
  9. Penyediaan Makanan dan Minuman;
  10. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam dan Luar Daerah;
  11. Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi/Teknis Perkantoran;
  12. Pelayanan Dokumentasi dan Arsip SKPD;
  13. Penyediaan Pelayanan Administrasi Barang;
  14. Penyediaan Pengelolaan Administrasi Kepegawaian;
  15. Pengamanan Sarana dan Prasarana Perkantoran.

    II. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

  1. Pengadaan Kendaraan Dinas/Operasional;
  2. Pengadaan Peralatan Kantor;
  3. Pengadaan Perlengkapan Kantor;
  4. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor;
  5. Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas/ Operasional;
  6. Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor;
  7. Pemeliharaan Rutin/Berkala Perlengkapan Gedung Kantor;
  8. Pemeliharaan Rutin/Berkala Taman Halaman Kantor;
  9. Pemeliharaan Rutin/Berkala Instalasi Jaringan Listrik dan Komunikasi;
  10. Rehabilitasi Sedang/Berat Gedung Kantor;
  11. Pemeliharaan Rutin/Berkala Jaringan Komputerisasi;
  12. Pemeliharaan Rutin/Berkala Infrastruktur SIPKD;
  13. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gudang Barang Milik Daerah;
  14. Rehabilitasi Ringan Gudang Barang Milik Daerah.

   III. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

  1. Pengadaan Pakaian Dinas beserta Perlengkapannya;
  2. Pengadaan Pakaian Khusus Hari-hari Tertentu.

   IV. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

  1. Pendidikan dan Pelatihan Formal;
  2. Pembinaan Mental dan Rohani bagi Aparatur;
  3. Pendidikan dan Pelatihan Non Formal.

   V. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

  1. Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD;
  2. Penyusunan Pelaporan Keuangan Semesteran;
  3. Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun;
  4. Penyusunan Perencanaan Anggaran;
  5. Penatausahaan Keuangan SKPD;
  6. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan SKPD;
  7. Publikasi Kinerja SKPD;
  8. Penyusunan Renja SKPD;
  9. Penyusunan Renstra SKPD.